Kamis, 14 Maret 2013

PEMANFAATAN BARANG BEKAS


PEMANFAATAN  SEDOTAN BEKAS  SEBAGAI  MEDIA DALAM PELAJARAN BANGUN DATAR DAN BANGUN RUANG

Makalah ini dibuat untuk memenuhi tugas pribadi mata kuliah
Workshop Matematika

Dosen Pembimbing :
Depi, S.Pd



Oleh ;
Zilnia Sari ( 11115200494 )
Kelas : PMT 4 D

PENDIDIKAN MATEMATIKA
FAKULTAS TARBIYAH DAN KEGURUAN
UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU
PEKANBARU
2013


BAB I
 PENDAHULUAN

            Mengajarkan Matematika dengan memanfaatkan barang bekas sebagai alat peraga bukan lah suatu hal yang sepele, karena penggunaan alat peraga dapat membantu proses pembelajaran. Sebenarnya penggunaan alat peraga dalam pengajaran matematika bukan suatu hal yang baru. Ada beberapa alat peraga yang sudah digunakan oleh guru-guru di sekolah, misalnya beberapa bangun ruang, kerangka bangun ruang, papan berpetak, dan papan berpaku. Namun, yang menarik di sini adalah dia menggunakan barang bekas untuk menciptakan alat-alat peraga tersebut. Barang bekas yang digunakan untuk membuat alat-alat peraga adalah kardus-kardus bekas kemasan, kawat jemuran yang sudah tidak terpakai, sedotan, magnet, dan lain-lain. Selain itu, dia menamai alat-alat peraga tersebut dengan nama yang menarik, misalnya, Balimas, Papan Romantika, Molimama, Klinometer, Tripot Kerangka Bangun Ruang, dan lain-lain. Adalah contoh – contoh alat peraga yang di buat dengan memanfaatkan barang bekas.

         Dalam pembahasan ini saya menggunakan sedotan sebagai media dalam pelajaran bangun datar. Sedotan dapat digunakan sebagai media menggambarkan bentuk – bentuk bangun datar dan bangun ruang. Misalnya, segitiga, persegi, limas dan bungun – bangun lainnya. dengan sedotan yang berwarna – warni akan menampilkan bangun datar dan bangun ruang yang lebih menarik. Jadi dalam belajar guru tidak hanya menggambarkan bangun datar dan ruang dipapan tulis, guru bisa mengajak siswanya untuk membuat berbagai kreasi bangun datar dan ruangyang menarik.


BAB II
PEMBAHASAN

A.    Alat dan Bahan
Alat – alat dan bahan – bahan yang digunakan pada media penbelajaran ini tidaklah sulit untuk didapatkan, diantaranya :
1.      Alat – alat, yaitu :
a.       Gunting.
 


b.      Gergaji, jika anda menggunakan papan triplek.
c.       Katron atau papan triplek, untuk menempel bangun datar.
d. Jarum.
e. Lilin/ lampu minyak.

2.      Bahan
a.       Sedotan bekas, kalau bisa warna – warni agar lebih menarik.



b.      Lem cap kambing/ double tip.
c.       Penggaris/ meteran.
d.      Spidol.

B.     Fungsi
Adapun fungsi dari alat ini adalah sebagai alat peraga yang dapat mempermudah siswa, terutama anak SD untuk mengenal lebih nyata berbagai bentuk bangun datar sekaligus rumusnya. Selain itu siswa juga diajak untuk mengasah kreativitasnya dengan memanfaatkan barang bekas disekitarnya sebagai media belajar yang sangat bermanfaat baginya untuk meningkatkan tingkat pemahamannya terhadap materi tersebut.

C.    Manfaat
Sebagaimana dijelaskan diatas bahwa fungsi alat ini adalah sebagai alat peraga dengan tujuan untuk mempermudah siswa untuk mengenal bangun datar, maka manfaat dari alat ini, yaitu :
1.       Anak didik akan menjadi lebih paham karena ia mendapat contoh yang nyata mengenai bangun datar. Dengan kata lain, mereka tidak menghayal lagi mengenai bagaimana bentuk persegi(misalnya), tetapi dapat menunjuk secara langsung benda yang berbentuk persegi di alat yang mereka buat sendiri.
2.      Guru dapat mengukur seberapa tinggi tingkat kreativitas anak didik tersebut.
3.      Guru dapat mengukur tingkat pemahaman siswa terhadap materi yang disajikan.





D.    Cara Membuat
Sebelum masuk kelangkah – langkah pembuatan, sebaiknya guru membagi siswa menjadi beberapa kelompok dengan anggota maksimal 4 orang.
Adapun langkah – langkah dalam membuat alat ini, yaitu :
1.      Sediakan  kertas karton dan bentukkan karton desuai bentuk yang diinginkan. Jika anda menggunakan papan triplek maka potonglah papan triplek tersebut sesuai ukuran dan bentuk yang diinginkan. Misalnya anda menginginkan bentuk layang – layang.
2.      Potong sedotan sesuai ukuran yang anda inginkan, kemudian tempel sedotan secara bersusun di karton/ papan triplek yang telah disediakan. Misalnya, anda ingin membuat persegi, maka anda potong sedotan sesuai ukuran yang anda inginkan, lalu anda tempelkan ditempat yang disediakan secara bersusun. Jika anda membuat bangun ruang caranya sama, misalnya anda membuat balok maka anda potong sedotan sesuai ukuran yang diinginkan lalu rekatkan setiap bagian dengan cara mencucukkan jarum yang sudah dipanaskan pada bagian jaring – jaring balok tersebut. Begitu juga untuk bangun – bangun  yang akan anda buat selanjutnya.
3.      Selanjutnya, agar tujuan dari materi yang anda ajarkan yairu siswa mengenal bangun datar dan mengetahui rumus – rumus dari setiap bangun datar itu, maka anda harus cantumkan rumus – rumus dari setiap bangun datar tersebut di bawah gambar yang dibuat. Untuk bangun ruang anda dapay meletakkan rumusnya di depan bangun ruang yang dibuat.
4.      Setelah selesai membuat semua bangun - bangunnya dan menuliskan rumus – rumusnya, sebaiknya anda membingkai alat peraga yang telah dibuat agar lebih bagus.

E.     Hasil
Contoh :



Tidak ada komentar:

Posting Komentar