PEMANFAATAN SEDOTAN BEKAS
SEBAGAI MEDIA DALAM PELAJARAN
BANGUN DATAR DAN BANGUN RUANG
Makalah ini dibuat untuk memenuhi tugas pribadi mata
kuliah
Workshop Matematika
Dosen
Pembimbing :
Depi,
S.Pd
Oleh
;
Zilnia
Sari ( 11115200494 )
Kelas
: PMT 4 D
PENDIDIKAN
MATEMATIKA
FAKULTAS
TARBIYAH DAN KEGURUAN
UNIVERSITAS
ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU
PEKANBARU
2013
BAB I
PENDAHULUAN
Mengajarkan
Matematika dengan memanfaatkan barang bekas sebagai alat peraga bukan lah suatu
hal yang sepele, karena penggunaan alat peraga dapat membantu proses
pembelajaran. Sebenarnya penggunaan alat peraga dalam pengajaran matematika
bukan suatu hal yang baru. Ada beberapa alat peraga yang sudah digunakan oleh
guru-guru di sekolah, misalnya beberapa bangun ruang, kerangka bangun ruang,
papan berpetak, dan papan berpaku. Namun, yang menarik di sini adalah dia
menggunakan barang bekas untuk menciptakan alat-alat peraga tersebut. Barang
bekas yang digunakan untuk membuat alat-alat peraga adalah kardus-kardus bekas
kemasan, kawat jemuran yang sudah tidak terpakai, sedotan, magnet, dan
lain-lain. Selain itu, dia menamai alat-alat peraga tersebut dengan nama yang
menarik, misalnya, Balimas, Papan Romantika, Molimama, Klinometer, Tripot
Kerangka Bangun Ruang, dan lain-lain. Adalah contoh – contoh alat peraga yang
di buat dengan memanfaatkan barang bekas.
Dalam
pembahasan ini saya menggunakan sedotan sebagai media dalam pelajaran bangun
datar. Sedotan dapat digunakan sebagai media menggambarkan bentuk – bentuk
bangun datar dan bangun ruang. Misalnya, segitiga, persegi, limas dan bungun –
bangun lainnya. dengan sedotan yang berwarna – warni akan menampilkan bangun
datar dan bangun ruang yang lebih menarik. Jadi dalam belajar guru tidak hanya
menggambarkan bangun datar dan ruang dipapan tulis, guru bisa mengajak siswanya
untuk membuat berbagai kreasi bangun datar dan ruangyang menarik.
BAB II
PEMBAHASAN
A.
Alat
dan Bahan
Alat – alat dan bahan – bahan yang digunakan pada
media penbelajaran ini tidaklah sulit untuk didapatkan, diantaranya :
1. Alat
– alat, yaitu :
a. Gunting.
b. Gergaji,
jika anda menggunakan papan triplek.
c. Katron
atau papan triplek, untuk menempel bangun datar.
d. Jarum.
e. Lilin/ lampu minyak.
2. Bahan
a. Sedotan
bekas, kalau bisa warna – warni agar lebih menarik.
b. Lem
cap kambing/ double tip.
c. Penggaris/
meteran.
d. Spidol.
B.
Fungsi
Adapun fungsi dari alat ini adalah sebagai alat
peraga yang dapat mempermudah siswa, terutama anak SD untuk mengenal lebih
nyata berbagai bentuk bangun datar sekaligus rumusnya. Selain itu siswa juga
diajak untuk mengasah kreativitasnya dengan memanfaatkan barang bekas disekitarnya
sebagai media belajar yang sangat bermanfaat baginya untuk meningkatkan tingkat
pemahamannya terhadap materi tersebut.
C.
Manfaat
Sebagaimana dijelaskan diatas bahwa fungsi alat ini
adalah sebagai alat peraga dengan tujuan untuk mempermudah siswa untuk mengenal
bangun datar, maka manfaat dari alat ini, yaitu :
1. Anak didik akan menjadi lebih paham
karena ia mendapat contoh yang nyata mengenai bangun datar. Dengan kata lain,
mereka tidak menghayal lagi mengenai bagaimana bentuk persegi(misalnya), tetapi
dapat menunjuk secara langsung benda yang berbentuk persegi di alat yang mereka
buat sendiri.
2. Guru
dapat mengukur seberapa tinggi tingkat kreativitas anak didik tersebut.
3. Guru
dapat mengukur tingkat pemahaman siswa terhadap materi yang disajikan.
D.
Cara
Membuat
Sebelum masuk kelangkah – langkah pembuatan,
sebaiknya guru membagi siswa menjadi beberapa kelompok dengan anggota maksimal
4 orang.
Adapun
langkah – langkah dalam membuat alat ini, yaitu :
1. Sediakan
kertas karton dan bentukkan karton
desuai bentuk yang diinginkan. Jika anda menggunakan papan triplek maka
potonglah papan triplek tersebut sesuai ukuran dan bentuk yang diinginkan. Misalnya
anda menginginkan bentuk layang – layang.
2. Potong
sedotan sesuai ukuran yang anda inginkan, kemudian tempel sedotan secara
bersusun di karton/ papan triplek yang telah disediakan. Misalnya, anda ingin
membuat persegi, maka anda potong sedotan sesuai ukuran yang anda inginkan,
lalu anda tempelkan ditempat yang disediakan secara bersusun. Jika anda membuat
bangun ruang caranya sama, misalnya anda membuat balok maka anda potong sedotan
sesuai ukuran yang diinginkan lalu rekatkan setiap bagian dengan cara
mencucukkan jarum yang sudah dipanaskan pada bagian jaring – jaring balok
tersebut. Begitu juga untuk bangun – bangun yang akan anda buat selanjutnya.
3. Selanjutnya,
agar tujuan dari materi yang anda ajarkan yairu siswa mengenal bangun datar dan
mengetahui rumus – rumus dari setiap bangun datar itu, maka anda harus
cantumkan rumus – rumus dari setiap bangun datar tersebut di bawah gambar yang
dibuat. Untuk bangun ruang anda dapay meletakkan rumusnya di depan bangun ruang
yang dibuat.
4. Setelah
selesai membuat semua bangun - bangunnya dan menuliskan rumus – rumusnya,
sebaiknya anda membingkai alat peraga yang telah dibuat agar lebih bagus.
E.
Hasil
Contoh
:
Tidak ada komentar:
Posting Komentar