Rabu, 06 Maret 2013

PERMAINAN MATEMATIKA INDIVIDU


Permainan Matematika

Menebak Tanggal Lahir Orang Lain


Makalah ini dibuat untuk memenuhi tugas pribabi mata kuliah
Workshop Matematika

Dosen Pembimbing :
Depi, S.Pd



Oleh ;
Zilnia Sari ( 11115200494 )
Kelas : PMT 4 D

PENDIDIKAN MATEMATIKA
FAKULTAS TARBIYAH DAN KEGURUAN
UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU
PEKANBARU
2013
KATA PENGANTAR

Ucapan syukur diserahkan kepada Allah swt yang telah memberikan hidayah dan karunia-Nya sehingga saya dapat menyelesaikan makalah yang berjudul Permainan Matematika Menebak Tanggal Lahir tepat pada waktunya.  
Terima kasih diucapkan kepada ibu dosen pembimbing mata kuliah Workshop Matematika yaitu Ibu Depi  dan ucapan terima kasih teman – teman saya yang telah membantu dalam menyelesaikan tugas ini.
Harapan penulis, semoga makalah ini bermanfaat bagi pembaca, khususnya bagi teman – teman yang sedang studi mata kuliah Workshop Matematika , selain itu penulis mengharapkan ktitik dan sarannya kepada pembaca yang sangat berguna untuk menperbaikan kesalahan – kesalahan yang ada dalan makalah ini. Atas partisipasi semua pihak saya ucapkan terima kasih.         


                                                                                                     Februari    2013               

                                                                                                                 Penulis









DAFTAR ISI

KATA PENGANTAR...................................................................................................i
DAFTAR ISI................................................................................................................ii
BAB I PENDAHULUAN.............................................................................................1
A.    Latar Belakang............................................................................................1
B.     Rumusan Masalah.......................................................................................2
C.     Tujuan Penulisan.........................................................................................2
BAB II PEMBAHASAN..............................................................................................3
A.    Pengertian Permainan Matematika.............................................................3
B.     Pemilihan Permainan yang Tepat...............................................................3
C.     Peran  Permainan dalam Belajar.................................................................3
D.    Cara Bermain..............................................................................................4
E.     Manfaat Permainan dalam Pembelajaran....................................................5
BAB III PENUTUP......................................................................................................6
A.    Kesimpulan.................................................................................................6
B.     Saran...........................................................................................................6









BAB I
PENDAHULUAN

A.    Latar Belakang
Matematika merupakan suatu ilmu pengetahuan yang universal yang dibangun oleh kesepakatan berbentuk aksioma, dalil, postulat, teorema, dan rumus-rumus, sehingga matematika menjadi salah satu materi pelajaran wajib yang diajarkan di setiap sekolah.
Adapun tujuan khusus dari pelajaran matematika adalah melatih cara berpikir dan bernalar dalam menarik kesimpulan, mengembangkan aktivitas kreatif yang melibatkan imajinasi, intuisi, dan penemuan dengan mengembangkan pola pemikiran, mengembangkan kemampuan mengembangkan masalah, dan mengembangkan kemampuan menyampaikan informasi atau mengkomunikasikan gagasan.
Matematika mempunyai peranan yang sangat penting dalam berbagai disiplin ilmu dan memajukan daya pikir manusia, namun matematika justru menjadi pelajaran yang paling tidak disukai oleh siswa karena dipandang rumit dan tidak menarik. Salah satu penyebab dari timbulnya rasa tidak suka pada pelajaran matematika yaitu kurangnya variasi penyampaian materi pelajaran. Jadi kali ini saya mencoba membuat suatu permainan yaitu permainan menebak tanggal lahir yang dapat menambuhkan semagat belajar, terutama untuk anak tingkat SD.
Permainan ini diharapkan akan mampu membuat tampilan yang berbeda dalam pembelajaran matematika sehingga mampu menarik minat  siswa tingkat SD dalam mempelajari matematika pada materi penjumlahan, pengurangan, perkalian dan pembagian.




B. Rumusan Masalah
Adapun masalah yang akan dibahas dalam makalah ini, yaitu :
1.      Apa yang dimaksud dengan permainan matematika?
2.      Bagaimana memilih permainan yang tepat dalam kegiatan belajar?
3.      Apa peranan permainan dalam pembelajaran?
4.      Apa saja langkah – langkag memainkan dalam permainan ini?
5.      Apa manfaat permainan ini dalam proses belajar mengajar?

C.  Tujuan Penulisan

1.      Menjelaskan pengertian permainan ini pada siswa.
2.      Menjelaskan bagaimana memilih permainan yang tepat.
3.      Manjelaskan peranan permainan dalam pembelajaran.
4.      Menjelaskan langkah – langkah dalam memainkan permainan ini.
5.      Menjelaskan manfaat permainan dalam proses pembelajaran.
                                                                                                                          












BAB II
PEMBAHASAN
A.    Pengertian Permainan
Bermain adalah kegiatan yang sangat disukai oleh anak – anak, karena dapat menghibur.  Jadi permainan adalah suatu kegiatan yang dapat menghibur dan memberi rasa senang bagi orang – orang yang memainkannya. Maka permainan matematika adalah kegiatan bermain dalam belajar yang dapat mengatasi kebosanan siswa dalam kegiatan belajar.
B.     Memilih Permainan yang Tepat
Menentukan permainan yang sesuai untuk suatu pelajaran memang tidaklah mudah. Apalagi menentukan permainan yang dapat menumbuhkan semangat siswa dalam belajar menghitung, mengurang, mengali dan membagi, terutama untuk siswa tingkat SD.
Disini saya memilih permainan tebak – tebakan, karena anak – anak tingkat SD sangat suka main tebak – tebakan. Permainannya yaitu menebak tanggal hari. selain dapt mengetahui tanggal lahir orang lain siswa dapat mengasah kemampuan dalam berhitung.
C.     Peran Permainan
Adapun peran permainan ini dalam proses pembelajaran yaitu :
1.    Membuat kegiatan belajar semakin asyik dan menyenangkan.
2.    Sebagai kegiatan yang dapat menumbuhkan rasa semangat belajar matematika untuk siswa tingkat SD.
3.    Kegiatan yang dapat mengasah kemampuan menghitung siswa.
4.    Selain itu memberikan pembelajaran yang mengesankan untuh siswa.

D.    Langkah – Langkah dalam Permainan
Awalnya anda harus memilih seorang teman yang ingin anda ketahui tanggal lahirnya. Lalu anda berikan dia selembar kertas atau untuk menghitung. Setelah itu suruhlah teman anda untuk menghitung berdasarkan langkah – langkah di bawah ini. Dengan catatan selama proses penghitungan jangan beri tahu siapapun.
Adapun langkah – langkah dalam permainan ini, yaitu :
1.      Seruh teman anda memikirkan tanggal lahirnya. ( Jangan beri tahukan kepada siapapun )
2.      Setelah itu suruh dia kali 5 tanggal lahirnya. ( Tanggal lahir X 5 )
3.      Kemudian suruh ia tambahkan hasil penghitungan langkah pertama dengan 6. ( hasil ke-1 + 6 )
4.      Kemudian suruh ia kalikan hasil penghitungan kedua dengan 4. ( Hasil ke-2 X 4 )
5.      Kemudian suruh ia tambahkan hasil penghitungan ketiga dengan 9. ( Hasil ke-3 + 9 )
6.       Setelah itu suruh ia kalikan hasil penghitungan keempat dengan 5. ( Hasil ke-4 X 5 )
7.      Selanjutnya, suruh ia tambahkan hasil penghitungan kelima dengan bulan kelahiran anda.
NB : Januari = 1, Februari = 2, begitu seterusnya.
8.      Terakhir, setelah menyelesaikan langkah 1 – 7 dan mendapatkan hasilnya, kemudian suruh ia kurangi hasil akhir yang ia dapatkan dengan 165. ( Hasil akhir – 165 )
9.      Setalah ia melakukan semua langkah itu, lalu suruh ia memberi tahukan hasil akhirnya pada anda. Maka  anda akan mengetahui berapa tanggal lahir teman anda.

Contoh :
Penghitungan tanggal lahir saya.
1.      Tanggal lahir 25
2.      Tanggal lahir dikali 5. ( 25 x 5 = 125 )
3.      Menambahkan hasi ke-1 dengan 6. ( 125 + 6 = 131 )
4.      Mengalikan hasil ke-2 dangan 4. ( 131 x 4 = 524 )
5.      Menambahkan hasil ke-3 dengan 9.(  524 + 9 = 533 )
6.      Mengalikan hasil ke-4 dengan 5. ( 533 x 5 = 2665 )
7.      Menambahkan hasil ke-5 dengan bulan kelahiran. ( 2665 + 6 = 2671 )
8.      Mengurangi hasil akhir dengan 165. (2671 – 165 = 2506 )
Jadi hasil yang diperoleh dari penghitungan diatas  merupakan tanggal lahir saya, yaitu tanggal 25 bulan 06
E.     Manfaat Permainan
1.      Siswa semakin semangat belajar berhitung.
2.      Menumbuhkan rasa suka siswa untuk belajar matematika.
3.      Guru dapat mengukur batas kemampuan siswanya dalam berhitung.
4.      Kegiatan belajar menjadi menyenangkan.







BAB III
PENUTUP
A.      Kesimpulan
Permainan adalah kegiatan yang sangat mengasyikkan dan dapat menghibur orang – orang yang memainkan.
Agar pelajaran matematika makin disukai dan disenagin siswa guru dapat menciptakan suatu permainan yang sangat menarik yang mampu menumbuhkan samangat belajar siswa.
Permainan tebak – tebakan ini dapat membuat suasana belajar semakin menyenangkan dan dalam permainan ini guru dapat mengukur sampai mana kemampuan siswanya dalam berhitung.
B.       Saran
Apabila penulisan dari makalah ini ada kesalahan kata, saya mengharapkan kritik dan saran dari pembaca semua. Semoga kritik dan saran dari pembaca dapat membantu dalam perbaikan penulisan makalah ini.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar