Permainan Matematika
Menebak Tanggal Lahir Orang Lain
Makalah ini dibuat untuk memenuhi tugas pribabi mata
kuliah
Workshop Matematika
Dosen
Pembimbing :
Depi,
S.Pd
Oleh
;
Zilnia
Sari ( 11115200494 )
Kelas
: PMT 4 D
PENDIDIKAN
MATEMATIKA
FAKULTAS
TARBIYAH DAN KEGURUAN
UNIVERSITAS
ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU
PEKANBARU
2013
KATA
PENGANTAR
Ucapan
syukur diserahkan kepada Allah swt yang telah memberikan hidayah dan
karunia-Nya sehingga saya dapat menyelesaikan makalah yang berjudul “ Permainan Matematika
Menebak Tanggal Lahir
“ tepat pada waktunya.
Terima
kasih diucapkan kepada ibu dosen pembimbing mata kuliah Workshop Matematika
yaitu Ibu Depi dan ucapan terima kasih
teman – teman saya yang telah membantu dalam menyelesaikan tugas ini.
Harapan
penulis, semoga makalah ini bermanfaat bagi pembaca, khususnya bagi teman –
teman yang sedang studi mata kuliah Workshop Matematika , selain itu penulis mengharapkan ktitik dan
sarannya kepada pembaca yang sangat berguna untuk menperbaikan kesalahan
– kesalahan yang ada dalan makalah ini. Atas partisipasi semua pihak saya ucapkan
terima kasih.
Februari 2013
Penulis
DAFTAR
ISI
KATA
PENGANTAR...................................................................................................i
DAFTAR
ISI................................................................................................................ii
BAB
I PENDAHULUAN.............................................................................................1
A. Latar Belakang............................................................................................1
B. Rumusan
Masalah.......................................................................................2
C. Tujuan
Penulisan.........................................................................................2
BAB
II PEMBAHASAN..............................................................................................3
A. Pengertian Permainan Matematika.............................................................3
B. Pemilihan Permainan yang
Tepat...............................................................3
C. Peran
Permainan dalam Belajar.................................................................3
D. Cara Bermain..............................................................................................4
E. Manfaat Permainan dalam Pembelajaran....................................................5
BAB III
PENUTUP......................................................................................................6
A. Kesimpulan.................................................................................................6
B. Saran...........................................................................................................6
BAB
I
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang
Matematika merupakan suatu ilmu pengetahuan yang universal yang dibangun
oleh kesepakatan berbentuk aksioma, dalil, postulat, teorema, dan rumus-rumus,
sehingga matematika menjadi salah satu materi pelajaran wajib yang diajarkan di
setiap sekolah.
Adapun tujuan khusus dari pelajaran matematika adalah melatih cara berpikir
dan bernalar dalam menarik kesimpulan, mengembangkan aktivitas kreatif yang
melibatkan imajinasi, intuisi, dan penemuan dengan mengembangkan pola
pemikiran, mengembangkan kemampuan mengembangkan masalah, dan mengembangkan
kemampuan menyampaikan informasi atau mengkomunikasikan gagasan.
Matematika mempunyai peranan yang sangat penting dalam berbagai disiplin
ilmu dan memajukan daya pikir manusia, namun matematika justru menjadi pelajaran
yang paling tidak disukai oleh siswa karena dipandang rumit dan tidak menarik.
Salah satu penyebab dari timbulnya rasa tidak suka pada pelajaran matematika
yaitu kurangnya variasi penyampaian materi pelajaran. Jadi kali ini saya mencoba membuat suatu permainan yaitu permainan menebak
tanggal lahir yang dapat menambuhkan semagat belajar, terutama untuk anak
tingkat SD.
Permainan ini diharapkan
akan mampu membuat tampilan yang berbeda dalam pembelajaran matematika sehingga
mampu menarik minat siswa tingkat SD dalam
mempelajari matematika pada materi penjumlahan,
pengurangan, perkalian dan pembagian.
B.
Rumusan Masalah
Adapun
masalah yang akan dibahas dalam makalah ini, yaitu :
1. Apa yang dimaksud dengan permainan
matematika?
2. Bagaimana memilih permainan yang tepat
dalam kegiatan belajar?
3. Apa peranan permainan dalam
pembelajaran?
4. Apa saja langkah – langkag memainkan
dalam permainan ini?
5. Apa manfaat permainan ini dalam proses
belajar mengajar?
C. Tujuan Penulisan
1. Menjelaskan pengertian permainan ini
pada siswa.
2. Menjelaskan bagaimana memilih permainan
yang tepat.
3. Manjelaskan peranan permainan dalam
pembelajaran.
4. Menjelaskan langkah – langkah dalam
memainkan permainan ini.
5. Menjelaskan manfaat permainan dalam
proses pembelajaran.
BAB II
PEMBAHASAN
A. Pengertian Permainan
Bermain adalah kegiatan yang
sangat disukai oleh anak – anak, karena dapat menghibur. Jadi permainan adalah suatu kegiatan yang
dapat menghibur dan memberi rasa senang bagi orang – orang yang memainkannya.
Maka permainan matematika adalah kegiatan bermain dalam belajar yang dapat
mengatasi kebosanan siswa dalam kegiatan belajar.
B. Memilih Permainan
yang Tepat
Menentukan permainan yang
sesuai untuk suatu pelajaran memang tidaklah mudah. Apalagi menentukan
permainan yang dapat menumbuhkan semangat siswa dalam belajar menghitung,
mengurang, mengali dan membagi, terutama untuk siswa tingkat SD.
Disini saya memilih permainan tebak
– tebakan, karena anak – anak tingkat SD sangat suka main tebak – tebakan.
Permainannya yaitu menebak tanggal hari. selain dapt mengetahui tanggal lahir
orang lain siswa dapat mengasah kemampuan dalam berhitung.
C. Peran Permainan
Adapun peran permainan ini dalam
proses pembelajaran yaitu :
1. Membuat kegiatan
belajar semakin asyik dan menyenangkan.
2. Sebagai kegiatan yang
dapat menumbuhkan rasa semangat belajar matematika untuk siswa tingkat SD.
3. Kegiatan yang dapat
mengasah kemampuan menghitung siswa.
4. Selain itu memberikan
pembelajaran yang mengesankan untuh siswa.
D. Langkah – Langkah
dalam Permainan
Awalnya anda harus memilih
seorang teman yang ingin anda ketahui tanggal lahirnya. Lalu anda berikan dia
selembar kertas atau untuk menghitung. Setelah itu suruhlah teman anda untuk
menghitung berdasarkan langkah – langkah di bawah ini. Dengan catatan selama
proses penghitungan jangan beri tahu siapapun.
Adapun langkah – langkah dalam permainan
ini, yaitu :
1. Seruh teman anda
memikirkan tanggal lahirnya. ( Jangan beri tahukan kepada siapapun )
2. Setelah itu suruh dia
kali 5 tanggal lahirnya. ( Tanggal lahir X 5 )
3. Kemudian suruh ia
tambahkan hasil penghitungan langkah pertama dengan 6. ( hasil ke-1 + 6 )
4. Kemudian suruh ia kalikan
hasil penghitungan kedua dengan 4. ( Hasil ke-2 X 4 )
5. Kemudian suruh ia tambahkan
hasil penghitungan ketiga dengan 9. ( Hasil ke-3 + 9 )
6. Setelah itu suruh ia kalikan hasil
penghitungan keempat dengan 5. ( Hasil ke-4 X 5 )
7. Selanjutnya, suruh ia
tambahkan hasil penghitungan kelima dengan bulan kelahiran anda.
NB : Januari = 1, Februari = 2, begitu seterusnya.
8. Terakhir, setelah
menyelesaikan langkah 1 – 7 dan mendapatkan hasilnya, kemudian suruh ia kurangi
hasil akhir yang ia dapatkan dengan 165. ( Hasil akhir – 165 )
9. Setalah ia melakukan
semua langkah itu, lalu suruh ia memberi tahukan hasil akhirnya pada anda. Maka
anda akan mengetahui berapa tanggal
lahir teman anda.
Contoh :
Penghitungan tanggal lahir saya.
1. Tanggal lahir 25
2. Tanggal lahir dikali
5. ( 25 x 5 = 125 )
3. Menambahkan hasi ke-1
dengan 6. ( 125 + 6 = 131 )
4. Mengalikan hasil ke-2
dangan 4. ( 131 x 4 = 524 )
5. Menambahkan hasil
ke-3 dengan 9.( 524 + 9 = 533 )
6. Mengalikan hasil ke-4
dengan 5. ( 533 x 5 = 2665 )
7. Menambahkan hasil
ke-5 dengan bulan kelahiran. ( 2665 + 6 = 2671 )
8. Mengurangi hasil
akhir dengan 165. (2671 – 165 = 2506 )
Jadi hasil yang diperoleh dari
penghitungan diatas merupakan tanggal lahir
saya, yaitu tanggal 25 bulan 06
E. Manfaat Permainan
1. Siswa semakin semangat
belajar berhitung.
2. Menumbuhkan rasa suka
siswa untuk belajar matematika.
3. Guru dapat mengukur
batas kemampuan siswanya dalam berhitung.
4. Kegiatan belajar
menjadi menyenangkan.
BAB III
PENUTUP
A. Kesimpulan
Permainan adalah kegiatan yang
sangat mengasyikkan dan dapat menghibur orang – orang yang memainkan.
Agar pelajaran matematika makin
disukai dan disenagin siswa guru dapat menciptakan suatu permainan yang sangat
menarik yang mampu menumbuhkan samangat belajar siswa.
Permainan tebak – tebakan ini
dapat membuat suasana belajar semakin menyenangkan dan dalam permainan ini guru
dapat mengukur sampai mana kemampuan siswanya dalam berhitung.
B. Saran
Apabila penulisan dari makalah
ini ada kesalahan kata, saya mengharapkan kritik dan saran dari pembaca semua.
Semoga kritik dan saran dari pembaca dapat membantu dalam perbaikan penulisan
makalah ini.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar